Selasa, 13 November 2007
E-Commerce
E-commerce merupakan transaksi pembelian atau penjualan barang atau jasa yang ditawarkan melalui media internet.
Media internet dipilih banyak orang karena kemudahan yang diberikan, misalnya :
1. Internet jaringan yang sangat mudah digunakan, diakses dimanapun dan murah.
2. Untuk menyimpan data sangat mudah karena menyimpan melalui media data elektronik
analog maupun digital.
E-commerce kebanyakan digunakan dalam transaksi antar perusahaan.
Sistem e-commerce dibagi menjadi 3 bagian :
Electronic markets berguna untuk menjelaskan tentang produk dan harga yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen.
Electronic data interchange untuk mengefisienkan pertukaran data dari transaksi-transaksi yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi/perusahaan komersial.
Internet commerce penggunaan internet sebagai media pemasaran oleh kalangan perusahaan ataupun pribadi. Biaya yang sangat murah dalam pemasaran melalui internet menjadikan banyaknya persaingan bisnis yang sama di internet.
Ciri dari E-commerce :
a. Transaksi tanpa batas.
b. Transaksi yang tidak memerlukan tatap muka langsung dengan konsumen.
c. Produk yang di tawarkan bervariasi.
d. Ide atau software juga ditawarkan di E-commerce.
E-commerce dibagi menjadi :
1. Business to business (antar pelaku bisnis)
2. Business to consumer (antar pelaku bisnis dengan konsumen langsung)
3. Consumer to consumer (konsumen yang langsung menawarkan ke konsumen lain)
Transaksi pembayaran sistem E-commerce dapat berupa :
a. Transaksi ATM/transfer bank.
b. Pembayaran langsung antara dua pihak tanpa perantara.
c. Dengan perantara.
d. Sesuai kesepakatan antara kedua pihak.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar