Kamis, 22 November 2007
Supply chain management
SCM(supply Chain Management)
Adalah rantai atau perputaran pasokan suatu perusahaan akan bahan mentah, informasi, uang, dan layanan dari penyedia bahan.
SCM diperlukan perusahaan berjalan sangat cepat dan efisien karena besarnya kebutuhan konsumen akan produk suatu perusahaan itu.
adapun komponen dalam supply chain management meliputi:
1. upstream : sumber bahan dari pemasok(supplier)
2. Internal : Pabrik dan pemaketan suatu produk.
3. Downstream: distribusi produk dan pergerakan dari produk.
contoh: susu sapi(upstream)---tambahan+label+karton(internal)----supermarket
(downstream)
SCM memiliki kemampuan dan teknologi:
-aliran informasi bergerak sangat cepat dan akurat antar elemen supply chain.
-informasi bergerak cepat dalam menanggapi perpindahan produk.
-terjadi keseimbangan dalam permintaan dan penyelesaian produk.
-layanan internet.
Dapat disimpulkan supply chain management adalah konsep atau mekanisme untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dalam rantai supply dalam optimalisasi waktu, lokasi, dan kuantitas aliran bahan(Dr.Goldrantt).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar