Sabtu, 01 Desember 2007

Aplikasi multimedia


Beberapa contoh aplikasi multimedia adalah video conferencing dan virtual reality.

Video conferencing adalah alat komunikasi jarak jauh yang menampilkan suara dan gambar secara langsung artinya dengan waktu yang bersamaan melalui jaringan komputer.

Sekarang ini video conference juga dapat diakses melalui handphone 3G.
Saat ini,semua peserta Video Conference harus mempunyai 3G ponsel dan dalam wilayah layanan 3G untuk dapat berpartisipasi dalam Video Conference.
Tiap peserta yang ikut serta dalam video conference tersebut bertanggung jawab atas biaya video call mereka masing-masing.Oleh sebab itu aplkasi video call termasuk aplikasi yang cukup mahal dalam soal biaya koneksi.


Virtual reality adalah aplikasi dalam penggambaran tentang suatu tempat atau keadaan yang di buat seolah-olah nyata.
Virtual Reality merupakan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer.Jadi, Virtual reality merupakan visual experiences, yang ditampilkan di layar komputer. Beberapa simulasi mengikutsertakan sensor informasi tambahan seperti suara melalui speaker atau headphone.
Pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan maya-nya melalui perangkat input seperti keyboard dan mouse atau melalui perangkat elektronik lain seperti sarung tangan elektronik, bahu tangan virtual. Lingkungan yang disimulasikan biasanya mengadopsi kehidupan nyata seperti simulasi kokpit pilot di pesawat dan tentara di pertempuran. Atau bisa jadi sangat berbeda dengan kehidupan nyata misalnya pada game.
Manfaat yang paling terasa, virtual reality dapat dipakai untuk menciptakan ilusi dan imajinasi nyata seperti simulasi penerbangan untuk training pilot dan astronot. Meskipun simulasi ini sangat mahal, tapi kedekatannya dengan kenyataan memberi manfaat dan penghematan yang luar biasa dibanding harus latihan dengan kondisi sebenarnya.

1 komentar:

Yogi Giftanu mengatakan...

Skinnya keren. Dapat dari mana?? hahaha